Memiliki anak yang cerdas adalah idaman setiap orangtua. Cerdas berpikir, bertindak, dan berbicara. Dengan kecerdasannya ini, anak akan sangat mampu berkompetensi dalam menghadapi masa depannya. Bahkan, ia bisa menjadi orang sukses karenanya. Banyak cara yang ditempuh orangtua dalam mencetak anaknya yang cerdas. Mulai dari nutrisi pilihan yang diberikan kepada anak dengan harga yang tinggi, memasukkannya ke sekolah unggulan, sekalipun dengan biaya yang mahal, atau terus mendorongnya semangat belajar.

Namun, di satu sisi, bagi orangtua yang kondisi ekonominya pas-pasan, tentu tidak bisa berbuat sebagaimana mereka yang kaya. Jangankan memasukkan anaknya ke sekolah unggulan, untuk mencukupi kebutuhan nutrisi anaknya saja sudah sangat berat.

Sebenarnya, selama ada kemauan, jalan bisa ditemukan dengan mudah dan kesulitan di atas bisa dicari kemudahannya. Di antaranya dengan menggunakan buku sebagai media pembelajaran dan sebagai pemacu kecerdasan anak, selama orangtua mengetahui perkembangan anaknya sedini mungkin.

Terutama pada usia golden age (masa keemasan), yaitu berkisar antara umur 0 – 5 tahun. Orangtua bisa lebih fokus mencetak anaknya menjadi cerdas melalui stimulasi otak yang diberikan melalui pengajaran tertentu. Sebab pada usia ini, sel otak anak masih dalam tahap perkembangan menuju permanen. Artinya, sel otak anak akan bertahan, lebih kuat, dan berkembang apabila ada rangsangan atau stimulasi dari luar. Semakin banyak stimulasi, maka jaringan sel pun akan semakin banyak sehingga anak pun semakin cerdas.

Stimulasi positif yang bisa diberikan pada anak usia golden age, di antaranya mewarnai gambar, mengenali suatu kegiatan, menghafal nama benda dan jenis pekerjaan, berhitung, dan membuat perbandingan suatu objek tertentu. Melalui cara ini, sel otak anak akan berkembang positif karena banyaknya stimulasi melalui kegiatan-kegiatan di tadi.

Kemudian, adakah buku khusus yang menyajikan hal di atas yang bisa dijadikan media pembelajaran anak usia golden age ini? Buku “Lembar Kegiatan Anak Cerdas dan Kreatif” yang disusun oleh Tim Orange Picture ini sangat tepat bagi orangtua dalam meningkatkan kecerdasan anaknya. Praktis dan bisa dijangkau oleh berbagai tingkatan ekomoni.

Buku yang diterbitkan AgroMedia Pustaka ini terdiri dari beberapa komposisi gambar kegiatan, benda, dan perhitungan yang telah dikonsep sesuai usianya. Misalnya, mengenali kegiatan pertanian dan jenis peralatannya, nama-nama sayuran dan buah-buahan, mewarnai buah dan sayuran, menghitung banyak buah dan sayuran, dan masih banyak lagi.

Buku ini sangat menarik, karena dilengkapi dengan gambar yang disukai anak sehingga tidak akan membuat bosan. Dan, tentu saja akan lebih mudah bagi orangtua atau pengajar untuk mengajarkannya kepada anak.